Beda HTTP dan HTTPS



Mungkin banyak orang yang sudah mengetahui khususnya bagi yang bekerja dalam dunia IT, namun tidak banyak pula orang yang masih belum mengerti apa perbedaan HTTP dan HTTPS.

Apabila Anda mengamati baris URL alamat website pasti akan menemukan tulisan HTTP (http://..) di bagian depannya. Namun, ada pula URL situs yang bagian depannya terdapat tulisan HTTPS. Nah, apa bedanya?

Menurut penjelasan di Wikipedia, HTTP atau Hypertext Transfer Protocol ini adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi,
kolaboratif dan menggunakan hipermedia.

Dari sisi definisinya, HTTPS masih sama dengan HTTP. Hanya saja, S di bagian belakang tersebut memiliki arti Secure atau aman. Biasanya, HTTPS banyak digunakan oleh situs-situs bisnis online atau toko online.

Karena setiap toko online terkadang selalu bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, maka sisi sekuritas URL websitenya lebih tinggi dibanding website yang hanya menggunakan HTTP saja dalam URL-nya.

Sejarahnya, HTTPS ditemukan pertama kali oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Data sesi yang biasa digunakan HTTPS adalah SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security).

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan peretas. Walaupun dikatakan aman, namun tetap saja, semua ciptaan manusia memiliki sisi kelemahan.

Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Beda HTTP dan HTTPS"

Posting Komentar


Komentar Yang Bersifat Provokasi, Pornografi, Pelecehan dan Promosi Tidak Akan di Muat

Terimakasih