6 Pengusaha Waria Yang Sukses di Dunia



Menjadi pengusaha yang sukses adalah impian setiap orang. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah hasil jerih payah sendiri atau wirausaha.

Kini, tidak ada perbedaan antara pengusaha laki-laki, perempuan maupun waria. Semua orang berhak untuk mencapai kesuksesannya sendiri.

Orang kaya ke-8 di Indonesia versi Forbes, Chairul Tanjung bahkan menegaskan siapapun bisa jadi pengusaha sukses, termasuk waria.

Dia mengatakan bahwa tekanan dan kegalauan dalam berusaha akan sama saja untuk semua jenis kelamin.

"Waria datang di talkshow kepada saya, dia bertanya perbedaan sukses antara laki-laki, perempuan, dan waria. Tapi saya jawab tidak ada perbedaan kelamin tapi tergantung orang yang melakukannya," ungkap CT, panggilan populer Chairul Tanjung.

Menurut CT, tidak ada orang besar yang usahanya berjalan lurus. Semua pengusaha besar pasti merasakan jatuh bangun, jalan penuh duri. "Terbiasalah dengan waktu jatuh bangun dan duri di jalan," tambahnya.

Apakah benar sudah ada waria yang sukses menjadi pengusaha? Berikut lima waria yang sukses menjadi pengusaha di seluruh dunia.


1. Kalki Subramaniam


Kalki adalah seorang jurnalis, penulis, aktor dan aktivis. Bahkan, dia juga menyandang dua gelar Master yaitu di Jurnalisme dan Komunikasi Masa dan Hubungan Internasional.

Dilahirkan sebagai laki-laki, Kalki telah mengungkapkan keinginannya untuk menjadi perempuan pada masa kanak-kanaknya. Bahkan, pada umur 16 tahun, dia mulai mengkonsumsi pil hormon. Pada umur 21, dia menjalani terapi suntikan hormon.

Namun, dia membiayai semua terapi tersebut menggunakan uangnya sendiri. "Saya mendapatkan penghasilan dari pekerjaan saya saat itu. Dengan tabungan saya, saya memutuskan untuk menjalankan operasi," ujar Kalki seperti yang dikutip dari rediff.com.

Didorong oleh keinginannya untuk mengangkat derajat teman sejawatnya sesama waria, dia memutuskan untuk mulai membuka usaha. Kini, dia membuka usaha toko perhiasan yang juga mendanai kegiatan amal yang berkonsentrasi ke komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender).

2. Chenny Han


Siapa yang tidak kenal dengan Chenny Han? Waria Indonesia yang sukses sebagai pengusaha di bidang kencantikan dan salon. Pencapaian waria tersebut luar biasa, dari Taman Lawang hingga menjadi pengusaha sukses.

Meski terlahir sebagai laki-laki, tingkah Chenny sudah menunjukkan bahwa dia nyaman sebagai perempuan. Namun, lingkungan sosial seakan tidak menerimanya.

Miss Waria 1992 ini pernah menyentuh saat paling rendah dalam hidupnya, dia mencoba bunuh diri. Diselamatkan oleh temannya, dia mencoba peruntungan dengan terjun di dunia prostitusi di Taman Lawang selama dua tahun di 1980.

Kini, waria yang mempunyai nama Siu Han Tjong ini telah menjadi perias andalan beberapa selebriti seperti Indi BArens, Agnes Monica, Tiara Lestari hingga Melly Goeslaw.

3. Kate Craig-Wood


Dilahirkan sebagai laki-laki di tahun 1977, Kate mempunyai nama asli Robert Craig-Wood. Dengan bakatnya yang luar biasa, dia berhasil mempelajari bahasa pemrograman dan teknologi internet secara otodidak. Setelah mendapatkan gelar MSc di bidang Ilmu Biomedis, dia bergabung dengan Arthur Andersen menjadi konsultan IT.

Hengkang dari perusahaan pertama, dia mulai berprofesi sebagai pengembangan bisnis di Easyspace Ltd, perusahaan web-hosting terbesar di Inggris. Di akhir 2002, dia bersama saudara laki-lakinya mendirikan Memet.

Memet adalah salah satu penyedia layanan web-hosting terkenal di Inggris. Bahkan, perusahaan tersebut telah terpilih menjadi perusahaan terbaik di Inggris dari tahun 2006 hingga 2011. Perusahaan tersebut dinilai kaya akan inovasi, strategi IT dan ramah lingkungan.

Meskipun telah berubah jadi perempuan, Kate pernah menikah dengan perempuan di tahun 2000 dan cerai 2006. Perceraian tersebut mengawali keinginannya untuk berubah kelamin. Dia menjadi perempuan seutuhnya antara Oktober 2005 hingga November 2006.

4. Audrey Tang


Lahir pada April 1981 silam, waria ini dilahirkan dengan nama Autrijus Tang. Dia kini terkenal sebagai programer perangkat lunak asal Taiwan.

Tang telah menunjukkan minatnya terhadap komputer dengan mempelajari Perl pada umur 12 tahun. Dua tahun kemudian, dia drop out dari SMA-nya karena tidak bisa beradaptasi dengan kehidupan murid-murid di sana.

Pada tahun 2000, dia telah mempunyai posisi penting di salah satu perusahaan perangkat lunak dan bekerja di Silicon Valley sebagai wirausaha.

Di akhir 2005, Tang mulai menjalani hidupnya sebagai perempuan dengan mengubah nama China dan Amerikanya menjadi perempuan. Salah satu stasiun televisi Taiwan pernah melaporkan bahwa IQ Tang mencapai 180.

5. Martine Rothblatt


Waria yang dilahirkan sebagai pria tahun 1954 lalu mengganti namanya sebagai Martine Aliana Rothblatt. Waria ini terkenal sebagai pengacara, penulis dan wirausaha.

Rothblatt lulus dari Universitas California, Los Angeles dengan dua gelar sekaligus yaitu MBA dan hukum. Tahun 1981, dia mulai bekerja di ibu kota Washington DC di bidang hukum komunikasi satelit.

Saat ini, dia menjadi penemu dan CEO United Therapheutics, perusahaan yang berfokus pada bisnis bioteknologi. Di tahun 2007, dia menjadi eksekutif kedua di distrik Columbia.


6. Lynn Conway


Laki-laki yang lahir tahun 1938 ini sangat ahli di bidang informatika. Sederet penghargaan telah dia punyai termasuk di desain VSLI dengan menciptakan peralatan industri otomatis pada masanya.

Tahun 1960, dia bekerja di IBM yang merupakan perusahaan teknologi informasi yang bonafid pada saat itu.

Sebelum mengubah kelaminnya menjadi perempuan, Conway telah menikah dan mempunyai dua anak.

Sayangnya, dia dipecat dari IBM di tahun 1968 setelah perusahaan tersebut mengetahui bahwa dia adalah transeksual.

Setelah menyelesaikan karirnya di Xerox, dia memutuskan untuk mengajar di Universitas Michigan pada tahun 1985.

Setelah itu, Conway menikah dengan suaminya Charlie yang merupakan insinyur profesional.


1 Komentar untuk "6 Pengusaha Waria Yang Sukses di Dunia"

  1. wah memang jenis kelamin bukan hambatan, semua orang memiliki kesempatan yang sama tergantung orang tersebut memanfaatkannya.

    salut deh gan ane sama waria-waria di atas.

    BalasHapus


Komentar Yang Bersifat Provokasi, Pornografi, Pelecehan dan Promosi Tidak Akan di Muat

Terimakasih