Planet Mars Pernah Memiliki Sungai



Lama tidak mengirimkan foto yang benar-benar 'wah', hasil bidikan kamera Curiosity kali ini memunculkan satu spekulasi baru. Berdasarkan foto terbaru yang dikirimkan Curiosity tersebut, para peneliti NASA mengasumsikan bahwa dahulu planet Mars memiliki kandungan air.

Foto yang dikirimkan oleh Curiosity ke bumi tersebut diambil di dekat tempat pendaratannya di Gale Crater. Asumsi para peneliti NASA cukup beralasan karena terdapatnya beberapa kerikil bulat dan serta fragmentasinya yang hanya dapat terbentuk oleh suatu aliran dalam waktu lama.

Seperti yang dilansir I09 (28/09), para peneliti percaya bahwa aliran air yang membentuk
sisi-sisi kerikil tersebut mengalir secara terus-menerus bukan hanya dalam satu atau dua tahun sekali.

"Kemungkinan kedalaman air tersebut sekitar setinggi mata kaki," ujar peneliti Curiosity William Dietrich. Dia menambahkan bahwa beberapa tahun lalu banyak hipotesa dan asumsi-asumsi kasar yang mengatakan bahwa terdapat air di Mars dan dengan bukti foto tersebut, maka semuanya menjadi semakin jelas.

Dengan terdapatnya bukti ini maka dapat sedikit disimpulkan bahwa air adalah sumber dan intisari kehidupan. Apabila suatu planet memiliki kandungan air maka bisa jadi di planet tersebut juga terdapat makhluk hidup. Yang menjadi pertanyaan adalah, kemana air tersebut?

Comments
0 Comments