Minum Bir 83 liter Sehari Bisa Bikin Tubuh Kuat?



Sebuah penelitian dari University of Tokushima, Jepang, menemukan komposisi dalam bir yang mampu mencegah jaringan otot memburuk. Senyawa tersebut bernama 8-prenylnarigenin (8-PN) yang terbukti bisa meningkatkan kesehatan otot. Namun jumlah bir yang harus diminum ternyata tidak sedikit untuk mendapatkan khasiatnya.

Seperti yang dilansir dari Daily Mail (26/09), peneliti menggunakan tikus percobaan laboratorium. Tikus tersebut diberi makan hop yang mengandung senyawa 8-PN. Hasilnya, otot tikus terbukti lebih kuat.

Sementara itu, tikus yang tidak diberi hop mengalami penurunan jumlah otot sebesar 10 persen. Dari penurunan tersebut, artinya tikus yang diberi 8-PN memiliki zat pelindung otot 10 kali lebih banyak dalam tubuhnya.

Bir sendiri selain dikemas dalam kalori sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Misalnya kandungan antioksidan alami dan vitamin di dalamnya yang mampu mencegah penyakit jantung. Bir dengan warna lebih gelap pun dianggap lebih sehat karena mineral zat besi di dalamnya cukup banyak dibandingkan dengan varietas bir berwarna terang.

Kemudian hop adalah sekumpulan bunga dari spesies Humulus lupulus. Hop umumnya digunakan sebagai perasa membuat rasa bir lebih stabil.

Para peneliti lantas berencana untuk menggunakan temuan terbaru ini untuk mengembangkan obat bagi orang yang sakit dan harus berbaring di tempat tidur. Mereka juga berharap bisa menerapkan hasil penelitian untuk menciptakan minuman bagi para astronot. Sehingga penjelajah ruang angkasa tersebut repot untuk buang air.

"Tetapi, seseorang perlu minum setidaknya 83 liter bir untuk menguatkan ototnya. Yang pasti seseorang itu akan mati keracunan terlebih dahulu sebelum merasakan khasiat kekuatan ototnya," terang kepala peneliti Profesor Junji Terao.

Mungkin akan lebih bijaksana jika Anda tetap mencari cara yang wajar untuk menguatkan tubuh. Misalnya pergi ke pusat kebugaran terdekat dan rajin berolahraga di sana.

Comments
0 Comments