'Not Your Baby', Aplikasi iPhone Anti Pelecehan Seksual



Pernah mengalami pelecehan seksual di tempat umum atau kerja, tapi hanya bisa berdiam diri karena tak tahu harus berbuat apa? Kini ada aplikasi iPhone yang dapat membantu wanita menghadapi situasi tak mengenakkan tersebut.

Aplikasi bernama 'Not Your Baby' ini menyediakan cara-cara bagaimana mengatasi para pria yang mengganggu. Mulai dari yang sekadar bersiul nyaring, berteriak-teriak memanggil nama sampai teman kerja yang mengerling dengan tatapan menggoda.

Sebagai contoh, jika pengguna aplikasi memilih 'boss' sebagai pelaku yang kerap melakukan pelecehan seksual dan mendeskripsikan lokasi sebagai 'social situation', maka aplikasi tersebut akan memunculkan tulisan: 'Minta orang di luar kantor yang Anda percaya untuk menghubungi Anda setiap beberapa jam untuk memeriksa keadaan dan apa yang sedang Anda lakukan'.

Pengembang aplikasi Andrea Gunraj, seperti dikutip dari Daily Mail menuturkan, "Banyak orang mengatakan kalau mereka sulit memikirkan bagaimana bersikap atau respon seperti apa yang harus diberikan jika mengalami pelecehan atau kekerasan."

Dengan diciptakannya aplikasi ini, Andrea berharap wanita tidak hanya bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual. Tapi juga membantu bagaimana mereka harus bersikap selama atau setelah kejadian berlangsung.

Aplikasi ini diciptakan melihat minimnya kesadaran para wanita korban pelecehan seksual untuk mau melawan dan mengatasi 'keisengan' dari pria di sekitarnya. Diperkirakan, hanya 1 dari 10 kasus pelecehan seksual yang dilaporkan.

Aplikasi 'Not Your Baby' tidak hanya memberikan tips bagaimana wanita harus merespon pelecehan seksual. Tapi juga mengungkapkan fakta dan kisah-kisah pribadi dari korban pelecehan. Aplikasi ini sudah tersedia di iTunes store, dan bisa didownload secara gratis untuk iPhone, iPod Touch dan iPad.

Comments
0 Comments