1.700 Orang ini Rela Telanjang Demi Proyek Seni di Jerman



Seorang fotografer asal Amerika, Spencer Tunick, membuat karya seni yang mencengangkan. Ia mengumpulkan 1.700 orang untuk suka rela melepas seluruh pakaian dan berpose di ruang publik di Jerman. Mereka semua dipotret dalam keadaan badan dilumuri cat merah dan emas.

Karya instalasi ini untuk menyambut pembukaan opera musim panas di Munich. Kumpulan orang bugil ini memaknai ulang opera "Der Ring des Nibelungen" karya Richard Wagner. Mereka dipecah dalam dua kelompok, warna merah dan emas, kemudian diatur berjajar sesuai tema karya seni tersebut.

"Ini adalah sekelompok massa yang tidak menekankan seksualitas. Menjadi abstrak yang menantang atau mengartikan ulang pandangan atas ketelanjangan dan privacy," tutur Spencer. "Tiap individu, tanpa pakaiannya, bersama-sama jadi bentuk yang baru."

Opera Bavaria yang ikut mengerjakan karya ini pun mengaku puas dengan hasil kerja Spencer. "Instalasi Spencer mencakup ribuan relawan dan hasilnya adalah rekor tersendiri untuk acara ini," ujar salah satu perwakilan.

Spencer Tunick yang pertama kali memotret orang bugil di tempat umum pada 1986. Ia pernah mengumpulkan 18 ribu orang telanjang di Meksiko, 5 tahun lalu. Pada 2005 Spencer juga mengerahkan 1.700 orang berpose di Newcastle, Inggris.


Comments
0 Comments