Wanita Cerdas Lebih Sehat dan Panjang Umur



Usia memang menjadi rahasia Tuhan, manusia hanya bisa mengupayakan agar usianya panjang dan selalu sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada warga Amerika serikat menunjukkan hasil bahwa mereka yang berpendidikan tinggi memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan mereka yang berpendidikan rendah.

Panjang Umur Karena Cerdas

Di era tahun 1950-an dan 1960-an, Amerika terbagi dalam dua kelompok, mereka yang berkulit putih dan orang kulit hitam. Sejarah memperlihatkan bahwa warga kulit putih mendapatkan pendidikan yang lebih baik dibandingkan warga kulit hitam pada waktu itu. Berdasarkan penjelasan kepala penelitian, Jay Olshansky, seperti dilansir Newsmaxhealth, pria dengan pendidikan tinggi berusia 14 tahun lebih panjang, sedangkan wanita berpendidikan tinggi 10 tahun lebih panjang umur.

Bagaimana dengan data masa kini saat semua orang berhak mendapatkan pendidikan yang sama? Hasil penelitian dari tahun 1990 hingga 2008 menunjukkan bahwa wanita kulit putih Amerika Serikat yang tidak lulus sekolah tinggi memiliki usia yang lebih pendek 5 tahun dibandingkan wanita kulit putih berpendidikan tinggi. Perbedaan usia yang terjadi disebabkan karena wanita berpendidikan tinggi biasanya menghindari obesitas, minum alkohol, tidak merokok dan tidak memakai narkoba.

Status sosial ekonomi dan faktor pendidikan berpengaruh dalam menentukan kualitas hidup seseorang, terutama wanita. Meskipun usia adalah rahasia Tuhan, tidak ada salahnya menjaga karunia berupa tubuh ini untuk dijaga kesehatannya.

Comments
0 Comments