Pria di Jerman Jadi Sarjana Setelah 40 Tahun Kuliah



Gelar mahasiswa abadi tampaknya cocok disandang Werner Kahmann. Bagaimana tidak? Pria asal Jerman ini harus menghabiskan waktu 40 tahun untuk bisa menjadi seorang sarjana teknik. Werner mengaku hal itu karena ia mendaftar ulang hingga sebanyak tiga kali selama kuliah.

Werner mulai kuliah di Cologne University pada 1973 dan baru lulus awal tahun ini saat berusia 61 tahun. Selama kuliah ia mengambil total 68 ujian dan memiliki potensi menyelesaikan 63 semester.

Werner awalnya ingin menyelesaikan kuliah setelah sembuh dari cedera kaki akibat sepak bola yang memaksanya untuk cuti. Namun ia cuti untuk kedua kalinya pada 1984 saat putrinya lahir. "Pada 2004 saya mendaftar ulang lagi," paparnya.

Lalu pada 2011 sistem pendidikan di Jerman berubah sehingga Werner harus kembali lagi mendaftar ke kampus. Dia baru berhasil menyelesaikan kuliahnya setahun kemudian meski universitas tidak lagi memiliki jurusan yang ditempuhnya. Selama kurun waktu kuliah yang lama itu Werner bekerja sebagai insinyur freelance sejak 1978.

Baca Lowongan Kerja Disini
Comments
0 Comments