7 Cara Alami Mencegah Kanker Payudara



Sebagai wanita, kita ingin memiliki tubuh yang sehat, termasuk payudara. Salah satu penyakit yang ditakuti kaum Hawa adalah kanker payudara. Penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja, karena itu, Anda harus melakukan pencegahan dan perlindungan diri. Beberapa makanan alami ini dapat mencegah kanker payudara, dilansir Huffingtonpost.

  • Brokoli
Jangan bosan melihat brokoli ada di dalam daftar sehat. Faktanya, brokoli adalah salah satu anti kanker yang sangat hebat. Salah satu bahan alami dalam brokoli yang dapat melawat kanker dan tumor adalah sulforaphane. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sulforaphane dapat menekan enzim yang disebut HDAC.

  • Bawang Putih
Bawang putih adalah makanan yang dapat melawan kanker, berdasarkan laporan National Cancer Institute. Sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis menemukan bahwa wanita yang teratur mengonsumsi bawang putih akan menurunkan risiko terkena kanker payudara.

  • Pome Atau Delima
Sering mendengar buah pome? Pome adalah istilah keren dari buah delima. Si merah ini juga merupakan anti kanker. Tingginya antioksidan yang disebut polyphenols dalam buah pome berfungsi sebagai anti peradangan. Selain itu, pome mengandung phytochemical, zat yang dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara.

  • Kacang Kenari
Walaupun penelitian yang dilakukan masih awal, tetapi hasil yang ditunjukkan pada tikus percobaan menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi kacang kenari setiap hari akan menurunkan risiko kanker payudara hingga 50 persen.

  • Kunyit
Bersyukurlah kita, Indonesia memproduksi kunyit dalam jumlah yang melimpah. Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin (kurkumin). Senyawa tersebut memainkan peran dalam menghambat molekul yang disebut RANKL, yaitu molekul yang ditemukan dalam sel-sel tumor kanker payudara yang mematikan dan sangat agresif.

  • Berry
Strawberry, blueberry, raspberry, blackberry memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat powerful, terutama anthocyanin dan asam ellagic. Kedua zat tersebut dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel yang sehat, berdasarkan penelitian dalam American Institute for Cancer Research. Dalam penelitian lain, berry memperlihatkan hasil untuk memperlambat pertumbuhan kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker prostat.

  • Teh Hijau
Green tea atau teh hijau masih menunjukkan kekuatannya sebagai minuman sehat. Teh hijau kaya akan polifenol EGCG (epigallocatechin-3-gallate), yang telah terbukti memperlambat penyebaran sel kanker payudara, berdasarkan laporan dalam breastcancer.org.

  • Tomat
Si merah segar dengan rasa agak asam ini kaya akan antioksidan yang disebut lycopene. Zat tersebut dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.
Lakukan pencegahan sejak dini. Mulai konsumsi makanan sehat mulai dari sekarang!

Comments
0 Comments