Inilah Grup Musik Yang Pertama Kali Rekaman?



Teknologi rekaman kaset yang mulai tergusur cakram digital, sudah dirumuskan sejak 1878 oleh Oberlin Smith. Insinyur mekanik ini mulai berpikir soal rekaman magnetic setelah berkunjung ke Laboratorium Edison. Pemikiran Smith soal rekaman magnetik ini kemudian dipublikasikan oleh The Electrical World pada 8 September 1888 dengan judul ‘Beberapa Kemungkinan Bentuk Ponograf’.

Kemudian di tahun 1898, Valdemar Poulsen menemukan prinsip-prinsip rekaman magnetic saat dia bekerja di Copenhagen Telegraph Company. Di tahun itu pula dia patenkan penemuan Telegrafon dengan nomor paten 661.619.

Saat paten Poulsen’s kedaluwarsa di tahun 1918, Jerman berupaya mengembangkan teknok perekaman magnetik. Sepanjang 1920 hingga 1945, tercipta sederet alat perekam yang menggunakan pita logam dikembangkan. Dari sinilah industri rekaman mulai berputar.

Lalu, grup musik apakah yang pertama kali masuk dapur rekaman di dunia ini? Tahun 1936 menjadi tahun yang sangat penting bagi dunia music. Di tahun itu, rekaman perdana grup musik berlangsung. The London Philharmonic Orchestra, dicatat vintagecassettes.com sebagai grup musik pertama di dunia yang masuk dapur rekaman.

Rekaman mulai dijalankan tanggal 19 November dengan konduktor Sir Thomas Beecham. Rekaman berlangsung di aula konser milik BASF di Ludwigshaven. Kaset yang digunakan untuk rekaman saat itu masih berupa gulungan pita magnetik berukuran besar.

Kaset kecil seperti kita lihat banyak dimanfaatkan di era 1980-1990-an mulai dikenalkan ke pasar tahun 1963. BASF menjadi industri pelopor yang memasarkannya. Kemudian di tahun 1968, pabrik kaset TDK juga meluncurkan kaset modern dengan seri TDK Super Dynamic. Dari situlah kemudian bisnis kaset berkembang pesat hingga awal tahun 2000-an.

 
Baca Berita entertainment DISINI
Comments
0 Comments