Desa di India Haramkan Menikah Karena Cinta



Sebuah desa di provinsi Uttar Pradesh, India menerapkan aturan melarang pasangan menikah karena cinta dan menerapkan larangan terhadap sejumlah aktivitas oleh perempuan. Desa panchayat berada di Distrik Baghpat, Provinsi Uttar Pradesh yang hanya berjarak 40 km dari ibu kota India, New Delhi.

Dalam aturan itu, perempuan yang menikah yang didasarkan pada cinta, kasih sayang, komitmen, dan daya tarik akan dibuang dari desa tersebut. Konsep pernikahan cinta ini merupakan kebalikan dari nikah paksa atau pernikahan yang didesain oleh pihak lain yang di sejumlah daerah di India masih sering dilakukan.

Aturan tersebut hasil rembukan para tokoh pemuka adat di desa tersebut. Demikian dilaporkan India Express, belum lama ini. Selain itu dikeluarkan pula larangan bagi perempuan berusia di bawah 40 tahun untuk berada di area publik seorang diri. Di tempat-tempat umum seperti pasar dan pusat perbelanjaan, perempuan juga dilarang menggunakan telepon seluler.

Selain itu, ada kewajiban bagi perempuan untuk menutup kepala mereka saat berada di luar rumah. Larangan itu dikeluarkan menyusul banyaknya tindakan pelecehan kepada perempuan.

Menteri Dalam Negeri P Chidambaram meminta pemerintah daerah di Uttar Pradesh utnuk menentang aturan ilegal ini. “Tak ada dogma dalam masyarakar demokratis. Kalau ada dogma seperti itu, saya meminta pemerintah daerah untuk menginstruksikan polisi supaya memastikan tidak ada seorangpun yang dirugikan oleh dogma tersebut,” ujar Chidambaram.


Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Desa di India Haramkan Menikah Karena Cinta"

Posting Komentar


Komentar Yang Bersifat Provokasi, Pornografi, Pelecehan dan Promosi Tidak Akan di Muat

Terimakasih