Burung di Perkotaan Masukkan Rokok ke Sarangnya



Burung yang memiliki sarang di daerah perkotaan diketahui memasukkan puntung rokok ke dalam sarang mereka. Tujuannya, rokok dianggap dapat membunuh penyakit dan menjaga agar sarang tetap hangat.

Penemuan yang diterbitkan di Royal Society Biology Letters ini membantu menjelaskan mengapa di dalam sarang burung begitu banyak puntung rokok. Dr Constantino Macias Garcia dan rekan dari Universitas St Andrews telah mempelajari efek puntung rokok terhadap parasit. Puntung rokok dianggap mampu melindungi sarang dan membuat nyaman bagi burung finch maupun burung gereja.

"Burung yang sudah dikenal juga merespons parasit dalam sarang mereka dengan mengubah perilaku," ujar Isabel L''pez-Rull, rekan peneliti. Menurut dia, beberapa spesies burung, misalnya, membawa tanaman segar yang mengandung senyawa volatil untuk mengusir parasit. Sedangkan di dalam puntung rokok, mereka menggunakan bahan kimia nikotin sebagai pestisida alami yang mengusir parasit tungau.

Penggunaan puntung rokok ternyata sejalan dengan perilaku burung-burung urban yang telah berevolusi. "Perubahan kelimpahan dan jenis sumber daya mempengaruhi perubahan perilaku burung untuk beradaptasi dan berkembang di tempat lain," ujar Isabel.

Penelitian tersebut menunjukkan, hanya filter dari rokok yang digunakan untuk merokok yang secara efektif dapat mengusir tungau. Apa sebabnya, belum diketahui. Penelitian lebih lanjut dapat mengungkapkan bahwa hal ini terjadi pada burung yang diberi pilihan puntung rokok yang sudah digunakan untuk merokok dengan puntung yang belum digunakan.

"Burung bisa membedakan puntung rokok itu dari aroma mereka. Seperti ketika burung mengandalkan penciuman untuk mendeteksi senyawa kimia tanaman sebagai pertahanan terhadap parasit," ujar Macias Garcia.

Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Burung di Perkotaan Masukkan Rokok ke Sarangnya"

Posting Komentar


Komentar Yang Bersifat Provokasi, Pornografi, Pelecehan dan Promosi Tidak Akan di Muat

Terimakasih